• RSS Banuutomo’s Blog

  • RSS Berita Unik

  • Pasang Karbu CBR di Vario


    2775hal13_karbuvario_boyo.jpgHonda Vario yang sudah melakukan bore up, biasanya sulit cari karburator yang cocok. Maklum karbu standar ukurannya kecil, cuma 22 mm. “Tekor kalau dipaksakan,” ujar Johny Holle mekanik sekaligus pemilik bengkel Johny Holle Motor di Jl. Karya 2, Daan Mogot, Jakarta Barat.

    Paling simpel ganti dengan karbu Keihin PE yang aslinya milik Honda NSR SP. Namun kendalanya pakai model ini suplai bahan bakar jadi boros dan suara lebih beringas. “Banyak konsumen yang ngeluh,” jelas mekanik berambut lurus ini apa adanya.

    Sekarang Johny sudah dapat ramuan yang tepat buat alternatif karbu Vario yang sudah bore up. “Saya pasang karburator milik Honda CBR150. Modelnya vakum dan sama merek Keihin,” ungkapnya sambil menjelaskan harga pasaran karbu ini barunya mencapai Rp 1,5 jutaan.

    Kelebihan pasang karbu CBR150 yang tipe VK banyak bekasnya. Sehingga lebih murah. Selain itu ukuran lebih besar yaitu 28 mm, suara motor juga lebih lembut, suplay bensin nggak boros, dan aplikasinya nggak banyak ubahan. Malah bisa langsung dipasang ke intake bawaan motor. “Paling sip cuke asli Vario yang model elektrik masih bisa dioperasikan normal,” jelas Johny.

    Johny kasih bocoran untuk proses pemasangan. Syarat pakai karbu CBR150 ini mesin sudah dibore up dengan piston diameter 53 mm sampai 58 mm.

    Lantas sebelum karbu CBR150 dipasang, lepas dulu rumah cuk bawaan karbu yang modelnya masih pakai sistem analog atau tarik. Kalau sudah dilepas, tinggal pasang rumah cuk bawaan Vario yang tipenya sudah elektrik. Tenang, dudukan rumah cuke sama, jadi enggak perlu ada ubahan lagi.

    Sekarang tinggal proses pasang karbu ke intake Vario. “Klem standar baik nya diganti dulu sama yang lebih lebar, karena diameternya sudah tidak mencukupi lagi,” wanti Johny.

    Untuk filter karbu hanya rumahnya saja yang masih bisa diaplikasi. Sedangkan dalemannya seperti kertas penyaring harus dilepas. “Kalau filter nggak kosong, tarikan malah jadi nahan,” urai Johny.

    Seting spuyer juga mudah, pilot dan main-jet bawaan karbu CBR150 ukuran 38/115 masih bisa dipakai. Cuma untuk bore up 55 mm tetap perlu ubahan sedikit lagi. Yaitu main-jet 38 sedang pilot-jet 110.

    Harga baru karbu CBR150 memang lumayan. Tapi kalau mau sedikit berhemat bisa mengandalkan karbu CBR150 bekas. “Berkisar Rp 750-900 ribuan,” jelas mekanik yang pasang banderol Rp 150 ribu untuk proses pemasangan karbu ini sampai tuntas.

    Penulis/Foto : Belo/Boyo

    sumber : http://Motorplus-Online.com

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: