• RSS Banuutomo’s Blog

  • RSS Berita Unik

  • Cara Upgrade WordPress secara Manual


    Jadi, saya akan coba tuliskan langkah-langkah yang saya lakukan dalam meng-upgrade secara manual, Yang mungkin akan membuat pekerjaan ini akan sedikit mengurangi jatah istirahat anda. Perlu ditekankan, ini adalah cara yang saya lakukan, Jika mungkin diantara anda , ada yang mempunyai cara yang lebih efisien untuk melakukan upgrade manual wordpress , maka saya akan dengan senang hati menyimak pendapat anda.  Baiklah ini tahapan untuk upgrade secara manual yang saya bagi menjadi tiga tahap sbb:

    Tahap I

    1. Download dan extract script WordPress ke harddisk anda.
    2. Jika di blog anda terdapat plugin yang penting untuk Anda, pastikan plugin Anda kompatibel dengan versi WordPress yang akan anda upgrade . Untuk hal ini , Anda dapat melakukan pemeriksaan dengan mencari di google dengan ketik : ” WordPress dan nama plugin”. lalu periksa apakah plugins favorit anda sudah ikut di update agar sesuai dengan WordPress versi terbaru
    3. Hal Penting yang WAJIB anda lakukan sebelum melakukan Upgrade adalah : Backup database Anda. Anda dapat melakukannya melalui CPANEL atau melalui plugin WordPress DB Plugins . Pastikan bahwa backup sudah anda buat ya…
    4. Selanjutnya setelah backup database anda buat, ada baiknya backup tsb di lihat dan diperiksa . Seharusnya file backup akan terlihat seperti file teks yang besar memori nya kira2 sama dengan isi blog anda yang sedang berjalan . Jika Anda tidak yakin dengan hasil backup yg anda buat, maka ulangi langkah backup tsb. Atau jika masih tdk yakin dengan hasilnya,tak ada pilihan lain selain menunda proses upgrade ini. Jangan ambil resiko. Nanti saja ulangi sambil menunggu misalnya koneksi yg bagus dll.
    5. Backup semua file direktory WordPress Anda – . Buatlah Backup yang ada di wp-admin, wp-content, wp-include, dan semua file dalam direktori blog Anda. Anda dapat melakukannya melalui CPANEL atau melalui FTP. Saya menggunakan ftp FilleZilla dan menyalinnya ke seluruh harddisk saya , jadi saya telah memiliki cadangan sementara saya mau memproses upgrade. Anda pun harus membuat cadangan file-file ini secara berkala juga.

    6.Dan juga pemeriksaan terhadap file backup direktory wordpress ini diperlukan. Periksalah pada semua file yang ada – terutama wp-config.php dan folder wp-konten.

    7. Nonaktifkan SEMUA plugin Anda, Jangan lupakan langkah ini

    Tahap II

    1. LogOut dari dashbor WordPress blog anda.
    2. Kembali ke CPANEL – file manager atau ke FTP Fillezila.
    3. Hapus seluruh folder WP-Admin .
    4. Hapus WP-Include . jika Anda memiliki file Languange, anda bisa tdk menghapus file languange ini jika ternyata anda perlukan. Namun Saya belum pernah upgrade situs yang memiliki file Languange . sehingga bisa dikatakan Anda aman dalam menghapus seluruh folder. Dan ingat, kita sudah buat backup.
    5. Hapus semua file dalam direktori blog seperti wp-cron.php, wp-login.php, dll kecuali wp-config.php (yang berisi informasi database Anda ).

    6. Jangan hapus wp-content.

    Tahap III
    1. Sekarang kita siap untuk meng-upload file baru WordPress
    2. Upload direktori wp-admin
    3. Upload direktori wp -Include
    4. Upload file direktori utama blog seperti wp-cron.php dan wp-login.php Dan jangan lupa untuk tidak meng upload wp-config.php karena kiita akan pakai file wp-config php yang tadi tdk kita hapus (lihat pada tahap II point 5)
    5. Kembali ke browser Anda, kemudian ketik http://www.nama domain anda.com/wp-admin/upgrade.php
    6. Anda mungkin diminta untuk login. Login lah….
    7. Jika dihalam login terdapat lebih dari satu versi upgrade, Anda mungkin mendapat pesan yg katanya “Your database needs to be upgrade”.maka Klik lah tombol untuk meng-upgrade.
    8. Kemudian langkah selajutnya : aktifkan dan upgrade plugin Anda.
    9. Jika semuanya berjalan lancar , maka perkerjan upgrade manual ini udah selesai dan sekarang anda dapat menikmati upgrade WordPress versi terbaru, yang tentunya memiliki keklebihan dari versi yang sebelumnya.

    Beberapa masalah yangdapat terjadi dalam mengupgrade wordpress secara manual :

    1. Tidak bisa login setelah upgrade. Pemecahannya : Kosongkan cache. Bersihkan cookie Browser Anda. Jika anda masih tidak bisa login, hapus plugin folder. Jangan khawatir jika , karena tentu Anda memiliki cadangan backupnya kan ? , sehingga mereka dapat dengan mudah diupload lagi jika masih diperlukan. Untuk menghapus bisa lewat FTP dari Wp-content/plugins /.
    2. Posting yg di buat dengan “Jadwal” tidak lagi bekerja. Masalah ini tampaknya hanya terjadi pada Windows IIS server. Solusi nya coba tanyakan ke pihak server hosting anda.
    3. Halaman utama Bisa keluar tetapi tertulis pesan Error 404 . masalah Ini mungkin terdapat pada permalinks . Hapus Htaccess file Anda. dan gantikan dengan file Htacces cadangan yang tadi anda buat.

    Demikian yang dapat saya tuliskan, berdasarkan pengalaman saya sendiri. Semoga bermanfaat untuk anda.

    12 Tanggapan

    1. Huahahaha…
      Web anda sangat membantu saya …
      Trima kasih…
      LANJUTKAN

    2. okee .. saya akan mencoba gan !!

    3. okeee …

    4. @imen : terima kasih .. smoga kita bsa sharing di sini ..

      @anak puck : terimakasiih !!

      @ratalloz : siipp .. terima kasihh !!

    5. Terima kasih atas panduannya sehingga saya dapat mengugrade blog saya http://computersall.co.cc dari versi 2.9.0 ke 2.9.1. Maju terus pantang mundur blog Indonesia

    6. sumpah aku mash bingung yg di maksud Htacces ini yg mana???

      sekalian mampir ke blogku yah…masih baruneh lom ada yg mampir..hehehehe

    7. hiks q belum ngerti

    8. Makasih infonya, kalu kita update dengan cara di atas lalu bagaimana dengan tulisan kita yg dibuat? apakah akan hilang setelah kita update wordpress.

    9. saya mau tanya kalau upgrade plugins via ftp caranya gimana yah karena kalau saya upgrade langsung dari wp selalu error . terimakasi kapankapan jalanjalan ke http://www.jhonkruwel.co.cc yah

    10. ahh saya pakai byethosy masi bingung ne

    11. tidak dihapus pun, bisa. cukup di replace saja kecuali folder wp-content. toh ada backup kalau nantinya error. kebetulan saja sampai sekarang saya tidak pernah error tanpa harus membackup dan menghapus dulu.

    12. thx bro.. so helpfull… makacih.. mantabzzz

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: